Latihan Pemahaman: Indikator Ketercapaian Transisi PAUD-SD
Soal 1 dari 2
Pemberian motivasi agar anak dapat lebih semangat berusaha akan membangun "growth mindset". Hal yang utama dan perlu dilakukan untuk membangun growth Mindset anak adalah dengan ...
A. Menjanjikan hadiah atas keberhasilannya
B. Memberikan tantangan yang sulit
C. Memberikan penghargaan anak terhadap usahanya sendiri
D. Memberikan hukuman apabila tidak dapat mengerjakan tugas
Soal 2 dari 2
Hak anak adalah mendapatkan pembinaan - bukan pelabelan. Karena berpusat pada niat untuk membina, maka segala kegiatan asesmen yang digunakan fungsinya adalah untuk merancang kegiatan pembelajaran berikutnya yang lebih baik. Oleh karenanya, teknik asesmen yang disarankan adalah ...
A. Tes pilihan ganda
B. Tes menyelesaikan soal berhitung
C. Teknik observasi atau teknik kinerja
D. Tes lisan membaca
Latihan Pemahaman: Dua Minggu Awal Sekolah Anak Mengenal Sekolah
Soal 1 dari 4
Salah sati tahapan kegiatan yang dapat membantu anak menunjukkan respon positif terhadap kegiatan pembelajaran di kelas adalah ...
A. Anak diajarkan penggunaan kata tolong, maaf, dan terima kasih melalui kegiatan menggambar berkelompok
B. Anak diberikan label nama dan menyebutkannya
C. Anak menceritakan hobinya di depan kelas
D. Anak diajak keliling sekolah dan mengenal tempat di sekitar sekolah
Soal 2 dari 4
Guru menjelaskan cara, manfaat, dan mengajak anak berbaris untuk mencuci tangan bergantian di wastafel sekolah adalah salah satu cara agar anak...
A. Mengenali lingkungan sekolahnya
B. Memiliki sifat belajar yang positif
C. Memiliki growth mindset
D. Mengenali teman sekelasnya
Soal 3 dari 4
Salah satu prinsip Penerapan Asesmen Awal sebagai upaya satuan pendidikan mengenal peserta didik adalah ...
A. Memanggil murid satu persatu ke depan kelas
B. Berpusat pada anak dan menyenangkan
C. Memudahkan orang tua
D. Dilakukan dengan bermain di luar kelas
Soal 4 dari 4
Berikut bukan merupakan langkah dalam menyusun penerapan asesmen awal di dua minggu pertama di awal tahun ajaran baru...
A. Menetapkan kompetensi anak tanpa melakukan observasi atau memberikan kesempatan anak unjuk kinerja
B. Merancang kegiatan yang dapat digunakan untuk mengamati perilaku
C. Menentukan mata pelajaran yang linear
D. Mendokumentasikan informasi di lembar observasi
POST TEST
Soal 1 dari 4
Pada masa awal sekolah, Guru kelas 1 SD Ara dan Cita melakukan beberapa kegiatan, di antaranya adalah tes membaca teks di buku pelajaran dan memberikan soal berhitung. Dalam kegiatan tersebut guru mereka menemukan beberapa hal, sehingga ia merasa perlu mengatur strategi lain keesokan harinya. Berikut adalah hasil asesmen dan pemetaannya:
- Ara = Ara sering menolak untuk masuk ke kelas. Hal ini terjadi sejak Ara diberikan tugas membaca, kemampuan yang masih sulit untuk ia kuasai.
- Cita = Cita anak yang periang, namun setelah diberikan guru soal berhitung dalam bentuk permainan menggunakan kartu tebak angka, ia mampu menjawab 3 dari 10 soal yang diberikan. Sejak saat itu Cita merasa malu dan tidak bersemangat kembali ke sekolah keesokan harinya.
Jika merujuk pada enam aspek kemampuan fondasi, aspek kemampuan yang perlu dikembangkan dalam kasus Ara adalah...
A. Pemaknaan terhadap belajar yang positif
B. Kematangan emosi
C. Ketrampilan sosial
D. Ketrampilan motorik
Soal 2 dari 4
Contoh kegiatan yang efektif dilakukan di hari pertama masuk sekolah untuk mengenali potensi peserta didik adalah:
A. Anak diminta untuk menempelkan nama mereka dengan stiker dan saling berkenalan
B. Guru memberikan kesempatan peserta didik keliling sekolah dan berkenalan dengan petugas sekolah
C. Guru memberikan waktu kepada orang tua untuk mengantarkan anaknya dan meminta mereka menceritakan keseharian dirumah
D. Guru memberikan kesempatan pada setiap anak dapat menyampaikan identitas dirinya: nama, alamat, hobi, anggota keluarga, kebiasaan yang sering dilakukan dirumah atau hal lainnya yang ingin anak sampaikan
Soal 3 dari 4
Bu Sari adalah seorang guru SD. Saat ini Bu Sari sedang menyusun kegiatan masa perkenalan anak dengan sekolah. Dimulai dari kegiatan pengenalan dengan kelas dan alat belajar, mengajak peserta didik berkeliling seluruh area, hingga mengenalkan peserta didik dengan semua warga sekolah dan pembiasaan proses pembelajarannya. Tujuan utama Bu Sari melakukan kegiatan-kegiatan tersebut adalah ...
A. Menumbuhkan motivasi belajar, interaksi dan perilaku positif
B. Mengenali potensi peserta didik
C. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
D. Membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya
Soal 4 dari 4
Setelah tiga hari pertama memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkenalan dengan lingkungan belajar, Bu Guru Sari menetapkan mulai dari hari keempat hingga ke-10 akan melakukan asesmen awal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan potret capaian awal murid. Hasilnya akan digunakan sebagai basis perancangan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Berikut rancangan kegiatan Bu Sari:
- Mengobservasi peserta didik saat memberikan permainan menggambar berkelompok
- Melakukan observasi melalui permainan jingkat-jingkat
Asesmen awal yang dilakukan oleh guru Sari memperhatikan prinsip-prinsip yang ada di bawah ini, kecuali:
A. Sederhana dan realistis dan tidak menjadi tambahan pekerjaan bagi guru Sari
B. Berpusat pada anak dan menyenangkan karena tidak menggunakan testing
C. Bermakna, karena hasil dari asesmen yang dilakukan dapat dijadikan acuan dalam pengembangan aspek kemampuan fondasi
D. Mengakomodir semua aspek kemampuan fondasi
Demikian pembahasan mengenai Soal dan Jawaban Materi Indikator Ketercapaian Transisi PAUD-SD. Semoga Bermanfaat.