Memulai Belajar di Tahap Awal (Part 1)
Soal 1 dari 1
Cara belajar penyusunan kurikulum operasional satuan pendidikan yang direkomendasikan adalah...
A. Menonton semua tahap seorang diri
B. Disiapkan semua oleh pengawas
C. Disiapkan semua oleh kepala satuan pendidikan
D. Membentuk tim belajar yang terdiri dari berbagai peran
Memahami Karakteristik Satuan Pendidikan
Soal 1 dari 3
Informasi yang tidak dibutuhkan dalam melakukan analisis karakteristik lingkungan belajar?
A. Bagaimana peran satuan pendidikan sebagai bagian dari masyarakat setempat
B. Apa kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan?
C. Bagaimana peran satuan pendidikan dalam menyiapkan peserta didik mencapai profil Pelajar Pancasila?
D. Bagaimana kesiapan pemerintah setempat dalam memfasilitasi minat olahraga warganya?
Soal 2 dari 3
Di satuan pendidikan kejuruan atau SMK, terdapat karakteristik khusus yang digunakan, yaitu...
A. Karakteristik pendidik
B. Karakteristik lingkungan
C. Karakteristik peserta didik
D. Karakteristik program keahlian
Soal 3 dari 3
Berikut adalah beberapa faktor eksternal dalam karakteristik satuan pendidikan, kecuali...
A. Karakteristik lingkungan
B. Karakteristik sosial budaya
C. Karakteristik orang tua/wali
D. Tidak ada jawaban yang benar
Mengenal Karakteristik Satuan Pendidikanku
Soal 1 dari 3
Dokumen berikut yang dapat menjadi alternatif sumber data dan informasi saat melakukan penyesuaian pada dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan adalah...
A. Anggaran Dasar Sekolah
B. Rapor pendidikan
C. Rapor peserta didik
D. Dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan lain
Soal 2 dari 3
Pada tahap awal, penyesuaian dapat dilakukan berdasarkan...
A. Informasi yang sudah tersedia di satuan pendidikan
B. Hasil analisis kusioner yang disebar
C. Analisis SWOT yang dilakukan dengan berbagai pihak
D. Semua benar
Soal 3 dari 3
Ibu Murti adalah seorang kepala sekolah di SD Bhineka Tunggal Ika. Langkah pertama yang dapat dilakukan Ibu Murti saat melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan tahap awal adalah...
A. Melakukan wawancara dan observasi terhadap pendidik, peserta didik, dan orang tua murid untuk mendapatkan data karakteristik SD Bhineka Tunggal Ika.
B. Memilih dokumen yang sudah disediakan Kemendikbudristek dengan mempertimbangkan relevansi konteks SD Bhineka Tunggal Ika.
C. Menggunakan berbagai instrumen asesmen untuk mendapatkan data yang lengkap mengenai karakteristik SD Bhineka Tunggal Ika.
D. Menggunakan data dari rapor pendidikan untuk menyusun kurikulum operasional satuan pendidikan secara mandiri.
Mendalami Visi, Misi, dan Tujuan Pendidikan (PAUD-SMA)
Soal 1 dari 4
Sebuah tujuan sebaiknya memiliki jangka waktu yang sesuai. Apakah maksudnya?
A. Makin cepat tujuan dicapai makin baik
B. Waktu dialokasikan sesuai rapat kurikulum
C. Pencapaian tujuan sesuai target waktu dengan melibatkan pendidik
D. Waktu yang telah ditetapkan bersifat permanen
Soal 2 dari 4
Dalam implementasi tahap awal, apa tahap selanjutnya setelah kepala sekolah menemukan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan yang sudah dimiliki?
A. Mengingatkan kembali dan memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi dan tujuan satpen yang sudah ada.
B. Mengarsipkannya dalam dokumen kurikulum.
C. Berkonsultasi bersama pengawas.
D. Membuat poster besar dan ditempelkan di dinding ruang guru.
Soal 3 dari 4
Alasan yang paling tepat mengenai pentingnya tujuan satuan pendidikan adalah...
A. Tujuan satuan pendidikan merupakan komponen wajib dalam dokumen KOSP
B. Satuan pendidikan akan lebih terarah dalam merumuskan program
C. Tujuan diperlukan untuk merumuskan visi yang kontekstual
D. Satuan pendidikan akan lebih mudah menetapkan dimensi profil pelajar pancasila
Soal 4 dari 4
Fokus dalam pembuatan tujuan satuan pendidikan yang pada hasilnya terkait dengan profil pelajar pancasila adalah...
A. Kemajuan belajar peserta didik
B. Sesuai dengan visi dan misi sekolah
C. Menggambarkan karakteristik sekolah
D. Mengacu pada hasil karakter yang diinginkan pada peserta didik
Visi, Misi, dan Tujuan di Satuan Pendidikan Anda
Soal 1 dari 1
Dalam implementasi tahap awal, apa tahap selanjutnya setelah kepala sekolah menemukan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan yang sudah dimiliki?
A. Mengingatkan kembali dan memastikan seluruh warga sekolah memahami dan berkomitmen pada visi, misi, dan tujuan yang sudah ada.
B. Mengarsipkannya dalam dokumen kurikulum
C. Berkonsultasi bersama pengawas
D. Membuat poster besar dan ditempatkan di dinding ruang guru
Setelah Belajar di Tahap Awal (Part 1)
Soal 1 dari 1
Langkah selanjutnya setelah menyelesaikan topik ini adalah
A. Mengerjakan aksi nyata
B. Mencoba belajar tahap yang lain
C. Melanjutkan belajar ke topik Memahami Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan di Tahap Awal bagian ke-2
D. Semua benar
Semoga Bermanfaat.