8 Tipe Kecerdasan Manusia yang Jarang Diketahui, Kamu Termasuk yang Mana?

Macam-macam tipe kecerdasan manusia, Kamu termasuk cerdas kategori apa?

RUANG BACAANBanyak orang yang beranggapan bahwa anak yang pintar adalah anak yang pintar dalam belajar. Namun sebenarnya ada 8 tipe kecerdasan, kamu termasuk tipe yang mana?

Jika berbicara tentang kecerdasan, kita mungkin langsung teringat pada tes IQ. Banyak dari kita  menganggap kecerdasan sebagai kemampuan bawaan untuk mempelajari dan mengingat informasi dan ide.

Namun, dalam beberapa dekade terakhir, pemahaman kita tentang kecerdasan telah berubah. Ada banyak teori tentang apa itu kecerdasan dan bagaimana perkembangannya.

Psikolog Harvard Howard Gardener mengatakan bahwa kecerdasan bukan hanya keterampilan yang diperoleh tetapi jauh lebih beragam daripada prestasi akademis yang sangat baik.

Jenis kecerdasan merupakan indikator kekuatan dalam bidang profesional. Setiap jenis kecerdasan mewakili keterampilan atau “kecerdasan” yang berbeda-beda, berikut 8 jenis kecerdasan yang ada.

Naturalis (cerdas secara alami)

Apakah Anda seorang pemerhati alam, apakah Anda mencintai alam atau apakah Anda merasa damai saat di alam? Mungkin karena Anda memiliki kecerdasan naturalis. Orang dengan  kecerdasan seperti ini sering kali tertarik pada botani atau zoologi dan menyukai aktivitas luar ruangan.

Musikal (pintar dari segi suara)

Orang dengan kecerdasan musikal memiliki telinga yang sensitif. Mungkin saat mendengarkan musik Anda bisa mengetahui setiap nadanya atau  bisa membedakan  nada, ritme dan warna suara saat mendengarkan musik? Mungkin Anda termasuk dalam tipe kecerdasaan ini.

Jenis kecerdasan ini sering ditunjukkan pada konduktor orkestra, penyanyi, dan musisi. Orang dengan  kecerdasan seperti ini sering kali mampu mengenali dan berpikir tentang musik, serta mampu mereproduksi atau membuat karyanya sendiri.

Bodily-Kinestetik (cerdas tubuh)

Jika Anda pandai berolahraga atau menggunakan tangan untuk membuat sesuatu, Anda mungkin mendapat nilai tinggi dalam kecerdasan tubuh dan kinestetik. Kecerdasan bodily kinestetik adalah kemampuan menggerakkan benda atau tubuh dengan sempurna dan tepat waktu.

Orang yang mempunyai nilai tinggi pada jenis kecerdasan ini sering kali adalah penari, ahli bedah, atlet, atau seniman.

Logical Mathematical (pintar dengan angka/penalaran)

Tertarik dengan pola, seperti mengelompokkan sesuatu atau menghubungkan sesuatu berdasarkan hubungannya? Jika iya, maka logical mathematical adalah jenis kecerdasan Anda.

Ini adalah kemampuan menghitung, mengukur dan membuat asumsi tentang angka. Kecerdasan ini memungkinkan kita unggul dalam pemikiran abstrak dan simbolik, pola pikir induktif dan deduktif, serta penalaran berurutan. Matematikawan dan ilmuwan mendapat nilai tinggi dalam kecerdasan logis-matematis.

Spatial (cerdas visual)

Jika Anda tertarik dengan teka-teki, bayangkan adegannya? Anda bisa mendapat nilai tinggi dalam kecerdasan spasial. Artinya Anda bisa berpikir dalam tiga dimensi.

Orang-orang ini sering kali bekerja sebagai pilot, pelukis, atau arsitek. Kemampuan dasar meliputi gambaran mental, penalaran spasial, manipulasi gambar, keterampilan grafis dan artistik, dan imajinasi aktif.

Linguistik (cerdas kata)

Menguasai beberapa bahasa, pandai menulis puisi atau mengarang pidato atau senang bercerita atau mengerjakan teka-teki silang? Orang dengan kecerdasan linguistik dapat menggunakan bahasa (atau, bahkan, dengan berbagai bahasa) untuk menyampaikan makna yang kompleks.

Kecerdasan linguistik merupakan bentuk kecerdasan yang paling umum. Orang dengan kecerdasan linguistik tinggi sering kali adalah penyair, jurnalis, pembicara publik dan novelis.

Intra-personal (kecerdasan diri)

Apakah Anda suka merencanakan hidup Anda dengan hati-hati, memahami pikiran dan perasaan Anda sendiri? Anda bisa mendapat nilai tinggi dalam kecerdasan intrapersonal.

Jenis kecerdasan ini berarti Anda tidak hanya dapat memahami diri sendiri tetapi seluruh kondisi manusia. Orang dengan skor intrapersonal tinggi  cenderung menjadi pemimpin spiritual, terapis, atau filsuf.

Eksistensial (cerdas dalam kehidupan)

Apakah Anda suka bertanya-tanya tentang makna kehidupan, membaca buku tentang evolusi kita dan bagaimana manusia  menjadi spesies seperti sekarang ini, atau begadang sambil bertanya-tanya apa lagi yang ada di luar sana?

Jika iya, Anda termasuk ke dalam jenis kecerdasan ini. Orang dengan kecerdasan seperti ini cenderung sensitif dan dapat mengajukan pertanyaan mendalam tentang keberadaan manusia dan makna  keberadaan kita. 

Itulah beberapa tipe kecerdasan yang mungkin belum banyak diketahui orang. Jadi kamu termasuk kedalam kelompok kecerdasan apa?.
Baca Juga :

9 comments

  1. Betul banget, biasanya setiap manusia juga punya kecerdasannya masing-masing ya kak.
  2. Kalau melihat penjabaran masing-masing tipe kecerdasan itu, sepertinya yg paling mendekati bagiku adalah naturalis dan linguistik. Untuk memastikannya ada test2 tertentu pastinya ya?
  3. Sepertinya naturalist sih tapi kecerdasan ini sepertinya masih bisa berkembang dan berubah ga ya?
  4. untuk tes kecerdasan, adakah caranya kaka?
  5. Sepertinya saya memiliki kecerdasan manusia pada umumnya saja nih. Hehehe... gak memiliki rasa spesial apapun. Yah setidaknya bersyukur saya masih memiliki kelebihan itu
  6. Bersyukur sekali kita, dengan adanya berbagai kecerdasa itu bisa saling melengkapi, dan kehidupan menjadi lebih berwarna.
  7. Jujur, saya sendiri belum paham rasanya mana kecerdasan saya yang paling dominan hehehe. Dulu seingat saya sudah beberapa kali melakukan tes kepribadian, tapi semua komponen kecerdasan tersebut tetap dijabarkan satu per satu beserta tingkatannya. Dan sepertinya sama rata saja hasilnya.
  8. Membaca semua jenis kecerdasan itu, kok gak satupun rasanya saya punya. Apakah saya orang yang tidak punya kecerdasan sama sekali yah.. agkgkgkgkgk..
  9. Kalau akau kayaknya masuk ke cerdas linguistik kak, walaupun gak cerdas2 bgt hehe. Tapi lebih ke tulisan sh, sdgkn scr verbal jg masih agak kagok.
© Ruang Bacaan. All rights reserved. Premium By Ruang Bacaan